KALIANDA ,WONDER SOUTH OF LAMPUNG

Kategori │Budaya & lingkungan







Assalamualaikum ,agan-agan semua kali ini kita
ajak para pembaca ke Kota Kalianda ,..Tabik pun ..Kota Kalianda adalah sebuah kota kecamatan di
Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Indonesia yang terletak di kaki Gunung Rajabasa, kota kecil
yang bersahaja. Kota ini juga terletak di tepi pantai di sepanjang Teluk Lampung...kalau
membicarakan lampung gak ada habis nya deh...
hehe..dari destinasi wisata nya ,Budaya nya ,Salah satu nya KOTA KALIANDA,LAMPUNG SELATAN...
bahkan punya ciri khas dalam dalam logat bicara
nya...
kosa kata dalam bahasa nya anak-anak lampung
ini genk ...

"Diorang = mereka
Kitorang = kami
lorang = kalian
basing = terserah
MJ = gak jelas
ngotak = kurang ajar/belagu/sok
susuk = uang kembalian
wah = (seperti kata 'sih')
betingkah = belagu/banyak gaya
Nyumput = sembunyi
Anahkedah = (kalo di medan mungkin seperti "alamak!")
Androk = rok.
Mati ka muni = lama amat.
Kidah = (sama seperti "sih" dan "dong", tapi logatnya lebih nyolot kali ya)
Jojong = tidak perlu segan
Bapas = widihhhh..

Nganar = keliling-keliling
Ecak-ecak = pura-pura/bohong
Lawang = gila
Tabikpun = (nanti dijawab IYA PUNNN) itu adalah salam sebelum memulai perkataan, biasanya bersifat formal.
.

.
contoh percakapan:
andri: "lorang emang PR nya udah tah? Kerjain punya gue geh."
Rani:"selaw kidah wah"
fiw:"Yaudahlah basing yang mana aja."
Arin:"dih ngotak amat sih"
Septi:"susuk nya mana woy"


dan lain-lain, dan sebagainya, dan seterusnya..
Banyak lah pokoknya yg unik-unik di lampung.
WELCOME TO LAMPUNG
Provinsi paling ngangenin. Seruit, gajah, keripik pisang, dan tempat wisatanya dari yang 100% original alam sampe yang modern ada semua.
Oh iya, BEGAL jadi maskot (yg bawa kendaraan, hati-hati ya guys)
Provinsi pencetus laki-laki tampan, contohnya Andika kangen band haha dan Newendi Septianian ,
Salam pecah pala!
Salam kota tapis berseri!
Sang bumi ghuwai jurai!
Jaya LAMPUNG!
Jaya INDONESIA




Eh, eh, ngerasa gak kalo Lampung dengan Batak itu logatnya hampir mirip? Kosakatanya juga mirip dan tradisinya juga ada yang (sedikit) mirip. Apalagi kalo orang Lampung ngobrol sama orang Batak, dikira lagi tawuran padahal cuma ngobrol santai doang hahaha


ini lah budaya kita INDONESIA..

KALIANDA,LAMPUNG SELATAN

OLEH:ANDRIANSYAH



  • Artikel (Budaya & lingkungan)dari kategori yang sama
    Land Mark Lampung
    Land Mark Lampung(2017-03-11 04:43)


     
    Komentari Artikel ini
    This message is posted here using XRumer + XEvil 4.0

    XEvil 4.0 is a revolutionary application that can solve almost any antibot captcha.
    Captcha Solution Google (ReCaptcha-1, ReCaptcha-2), Facebook, BING, Hotmail, Yahoo,
    Yandex, VKontakte, Captcha Com - and over 8400 other types!

    You read this - it means it works! ;)
    Details on the official website of XEvil, there is a free demo version.

    Check YouTube video "XEvil ReCaptcha2"
    Posted by LatonyaThife at 2018/03/26 10:45
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    KALIANDA ,WONDER SOUTH OF LAMPUNG
      Komentar(1)